Peugeot adalah salah satu produsen mobil utama Perancis. Perusahaan ini merupakan
bagian dari PSA Peugeot Citroën yang berkantor pusat di Paris, Perancis.
Peugeot sendiri dimulai dari bisnis keluarga yang didirikan pada tahun 1810.
Semula Peugeot di abad ke-19 adalah pabrik kopi dan produsen sepeda. Yaitu Armand Peugeot memperkenalkan konsep "Le Grand Bi", dimana ia
menciptakan sepeda dengan ban depan yang lebih besar dari ban belakang di tahun
1882, bersamaan dengan berbagai jenis sepeda yang lainnya. Pada tanggal 20
Nopember 1858, Emile Peugeot menerapkan lambing Singa sebagai merk dagangnya. sepeda Peugeot
terus diproduksi sampai akhir ini, meskipun perusahaan mobil dan perusahaan
sepeda terpecah di tahun 1926. Armand Peugeot menjadi tertarik pada automobile untuk pertama kalinya, setelah bertemu
dengan Gottlieb Daimler yang meyakinkan akan kelayakan dirinya
untuk bisa memproduksi automobil. Automobil pertama dari Peugeot (mobil beroda
tiga dengan bertenaga uap yang dirancang oleh
Loen Serpollet) di produksi di tahun 1889 (hanya empat contoh dari mobil ini yang
dibuat). Tenaga uap yang dihasilkan sangat berat dan membutuhkan waktu
pemanasan yang lama.
Di tahun 1890, setelah
pertemuan dengan Gottlieb Daimler dan Emile
Levanssor, tenaga uap ditinggalkan untuk membuat mobil beroda empat dengan
mesin pembakaran internal dan berbahan bakar bensin yang dibuat oleh Panhard dibawah lisensi Daimler. Mobil tersebut
lebih canggih dari mobil-mobil lain di jamannya, dengan suspensi tiga poin dan
transmisi Sliding Gear.
Beberapa mobil kemudian mulai diproduksi, 29 unit mobil diproduksi di tahun
1892, 40 unit mobil di tahun 1895, 156 unit mobil di tahun 1898 dan 300 unit
mobil di tahun 1899. Model-model mobil tipe awal ini diberi nomor "type". Type 12, sebagai
contohnya, berasal dari 1895. Peugeot menjadi produsen pertama yang membuat ban
karet yang cocok (padat dibandingkan dengan jenis Pneumatic) untuk sebuah mobil
berbahan bakar bensin pada saat itu, Peugeot juga menjadi pioner di dalam balap
mobil.
Pada tahun 1896, Armand
Peugeot memisahkan diri dari perusahaan keluarga untuk membentuk perusahaannya
sendiri, Societe Anomyne des
Automobiles Peugeot dan membangun
pabrik baru di Audincourt untuk lebih fokus sepenuhnya pada produksi mobil.
Tahun 1896 adalah tahun dimana Peugeot menggunakan mesin yang mereka buat sendiri
dan tidak tergantung lagi pada Daimler. Dirancang oleh Rigoulot, mesin ini pertamanya
mempunyai tenaga 8 HP (6.0 Kw) berhoeizontal ganda dan kembar yang di
pasangkan di belakang Type 15, hal ini juga menjadi dasar salinan mesin yang
hampir sama yang diproduksi Rochet-Schneider.
Selama Perang Dunia I,
peugeot berpaling dan memprodukdi senjata, menjadi produsen senjata utama dalam
hal senjata dan kendaraan militer, dari sepeda ke tank dan granat. Sehabis
perang, produksi mobil dilanjutkan dengan sungguh-sungguh dan di tahun 1926
peugeot memecah bisnisnya yaitu keluar dari Cycles Peugeot kemudian Peugeot
mengalami penurunan pasar akibat dari depresi keuangan, namum perusahaan selamt
dari kebangkrutan. Pada tahun 1933, Peugeot mencoba peruntungan untuk bangkit
kembali dengan meluncurkan jenis kendaraan yang baru dan Aerodinamis di kelasnya.
Pasca Perang Dunia II, di
tahun 1946 perusahaan Peugeot mulai kembali dengan memproduksi seri 202 yang
mencapai 14.000 unit, di tahun 1947 Peugeot memperkenalkan Type baru yaitu
Peugeot 203, dengan per ulir, kemudi sayap dan rem hidrolis. Seri 203 ini mencatatkan
rekor penjualan Peugeot yang baru, sisa produksi sampai dengan 1960. Seperti
kebanyakkan pabrikan Eropa, kolaborasi dengan perusahaan mobil lain meningkat,
Peugeot bekerjasama dengan Renault dari tahun 1966 dan Volvo dari tahun 1972.
Beberapa model Peugeot dirakit di Australia, di mulai dengan tipe 203 di tahun
1953, kemudian diikuti model 403, 404 dan 504 dengan akhir perakitan di
Australia diakhiri oleh seri 505 di awal tahun 1980-an.
Di tahun 1974 Peugeot
membeli 30 persen saham dari Citroen dan membentuk perusahaan baru yaitu PSA
Peugeot Citroën. Peugeot kemudian mengambil alih saham Citroen keseluruhannya
yang mengalami kesulitan keuangan pada tahun 1975, setelah pemerintah Perancis
memberikan nominal uang yang besar kepada perusahaan baru tersebut. Peugeot
memasang target ambisius dalam penjualan produknya sampai dengan 4 juta unit
per tahun pada akhir dekade ini, namun sekarang masih sangat jauh dari target
yang mereka buat.



Posting Komentar