Selamat datang di Ibukota DKI Jakarta

Peugeot - Mobil Perancis

0 komentar

Peugeot adalah salah satu produsen mobil utama Perancis. Perusahaan ini merupakan bagian dari PSA Peugeot Citroën yang berkantor pusat di Paris, Perancis. Peugeot sendiri dimulai dari bisnis keluarga yang didirikan pada tahun 1810. Semula Peugeot di abad ke-19 adalah pabrik kopi dan produsen sepeda. Yaitu Armand Peugeot memperkenalkan konsep "Le Grand Bi", dimana ia menciptakan sepeda dengan ban depan yang lebih besar dari ban belakang di tahun 1882, bersamaan dengan berbagai jenis sepeda yang lainnya. Pada tanggal 20 Nopember 1858, Emile Peugeot menerapkan lambing Singa sebagai merk dagangnya. sepeda Peugeot terus diproduksi sampai akhir ini, meskipun perusahaan mobil dan perusahaan sepeda terpecah di tahun 1926. Armand Peugeot menjadi tertarik pada automobile untuk pertama kalinya, setelah bertemu dengan Gottlieb Daimler yang meyakinkan akan kelayakan dirinya untuk bisa memproduksi automobil. Automobil pertama dari Peugeot (mobil beroda tiga dengan bertenaga uap yang dirancang oleh Loen Serpollet) di produksi di tahun 1889 (hanya empat contoh dari mobil ini yang dibuat). Tenaga uap yang dihasilkan sangat berat dan membutuhkan waktu pemanasan yang lama.

Di tahun 1890, setelah pertemuan dengan Gottlieb Daimler dan Emile Levanssor, tenaga uap ditinggalkan untuk membuat mobil beroda empat dengan mesin pembakaran internal dan berbahan bakar bensin yang dibuat oleh Panhard dibawah lisensi Daimler. Mobil tersebut lebih canggih dari mobil-mobil lain di jamannya, dengan suspensi tiga poin dan transmisi Sliding Gear. Beberapa mobil kemudian mulai diproduksi, 29 unit mobil diproduksi di tahun 1892, 40 unit mobil di tahun 1895, 156 unit mobil di tahun 1898 dan 300 unit mobil di tahun 1899. Model-model mobil tipe awal ini diberi nomor "type". Type 12, sebagai contohnya, berasal dari 1895. Peugeot menjadi produsen pertama yang membuat ban karet yang cocok (padat dibandingkan dengan jenis Pneumatic) untuk sebuah mobil berbahan bakar bensin pada saat itu, Peugeot juga menjadi pioner di dalam balap mobil.

Pada tahun 1896, Armand Peugeot memisahkan diri dari perusahaan keluarga untuk membentuk perusahaannya sendiri, Societe Anomyne des Automobiles Peugeot dan membangun pabrik baru di Audincourt untuk lebih fokus sepenuhnya pada produksi mobil. Tahun 1896 adalah tahun dimana Peugeot menggunakan mesin yang mereka buat sendiri dan tidak tergantung lagi pada Daimler. Dirancang oleh Rigoulot, mesin ini pertamanya mempunyai tenaga 8 HP (6.0 Kw) berhoeizontal ganda dan kembar yang di pasangkan di belakang Type 15, hal ini juga menjadi dasar salinan mesin yang hampir sama yang diproduksi Rochet-Schneider.

Selama Perang Dunia I, peugeot berpaling dan memprodukdi senjata, menjadi produsen senjata utama dalam hal senjata dan kendaraan militer, dari sepeda ke tank dan granat. Sehabis perang, produksi mobil dilanjutkan dengan sungguh-sungguh dan di tahun 1926 peugeot memecah bisnisnya yaitu keluar dari Cycles Peugeot kemudian Peugeot mengalami penurunan pasar akibat dari depresi keuangan, namum perusahaan selamt dari kebangkrutan. Pada tahun 1933, Peugeot mencoba peruntungan untuk bangkit kembali dengan meluncurkan jenis kendaraan yang baru dan Aerodinamis di kelasnya.

Pasca Perang Dunia II, di tahun 1946 perusahaan Peugeot mulai kembali dengan memproduksi seri 202 yang mencapai 14.000 unit, di tahun 1947 Peugeot memperkenalkan Type baru yaitu Peugeot 203, dengan per ulir, kemudi sayap dan rem hidrolis. Seri 203 ini mencatatkan rekor penjualan Peugeot yang baru, sisa produksi sampai dengan 1960. Seperti kebanyakkan pabrikan Eropa, kolaborasi dengan perusahaan mobil lain meningkat, Peugeot bekerjasama dengan Renault dari tahun 1966 dan Volvo dari tahun 1972. Beberapa model Peugeot dirakit di Australia, di mulai dengan tipe 203 di tahun 1953, kemudian diikuti model 403, 404 dan 504 dengan akhir perakitan di Australia diakhiri oleh seri 505 di awal tahun 1980-an.

Di tahun 1974 Peugeot membeli 30 persen saham dari Citroen dan membentuk perusahaan baru yaitu PSA Peugeot Citroën. Peugeot kemudian mengambil alih saham Citroen keseluruhannya yang mengalami kesulitan keuangan pada tahun 1975, setelah pemerintah Perancis memberikan nominal uang yang besar kepada perusahaan baru tersebut. Peugeot memasang target ambisius dalam penjualan produknya sampai dengan 4 juta unit per tahun pada akhir dekade ini, namun sekarang masih sangat jauh dari target yang mereka buat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. BLOG ISENG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger